Mewujudkan Impian Baitullah Keluarga Anda

Arab Saudi Larang Jemaah Bawa Barang Bawaan ke Masjid Nabawi

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 21 September 2023, 13:47:51

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2023/07/24/jemaah-tiba-di-madinah-usai-menunaikan-haji-2023.webp?w=700&q=90

Jakarta - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengeluarkan aturan terkait kunjungan ke Masjid Nabawi. Jemaah dilarang membawa barang bawaan besar ke dalam masjid.

Pernyataan ini dikeluarkan pihak kementerian lewat media sosial pada akhir Agustus 2023 lalu, seperti dilansir Arabian Business, Senin (4/9/2023). Dikatakan, barang bawaan besar seperti koper tidak boleh dibawa ke dalam masjid dan barang bawaan kecil tidak diperbolehkan dibawa ke tempat salat.

Meskipun kementerian melarang barang bawaan ke tempat salat, tersedia loker bagi jemaah yang mengunjungi masjid suci tersebut. Loker ini khusus barang bawaan kecil.

"Untuk memastikan kunjungan yang aman dan terorganisir ke Masjid Nabawi, kami dengan hormat meminta Anda mematuhi peraturan terkait penyimpanan bagasi Anda," tulis kementerian dalam pernyataannya.

"Untuk bagasi dan koper berukuran kecil, dilarang keras membawanya ke tempat yang diperuntukkan untuk salat. Silakan gunakan loker di luar masjid untuk menyimpan barang-barang ini dengan aman," imbuhnya.

Kementerian menegaskan, pengunjung Masjid Nabawi tidak boleh meninggalkan barang bawaan yang berukuran besar di halaman masjid. Barang-barang tersebut juga tidak bisa disimpan di loker luar karena keterbatasan ruang.

"Bagasi berukuran besar tidak boleh dibawa ke dalam masjid atau diletakkan di halaman luar terdekat, karena terbatasnya ruang yang tersedia di loker untuk barang-barang tersebut," tulisnya.

Masjid Nabawi di Madinah membuka Raudhah bagi jemaah yang telah mendapatkan izin masuk. Rasulullah SAW dalam salah satu hadits menyebut Raudhah sebagai taman surga. Tempat ini disebut mustajab.

Gulf News melaporkan, pada April lalu, Kerajaan Arab Saudi memasang pembatas berupa kuningan berlapis emas yang mengelilingi Ruang Suci di Masjid Nabawi. Sebelumnya, ruangan ini dipagari dengan kayu. Pejabat setempat mengatakan, hal ini bertujuan untuk menjaga identitas visual dan pola arsitektur masjid.

Desain pembatas ini disebut terinspirasi dari bagian depan kamar nabi, Raudhah, dan kabin tempat menyimpan mushaf Al-Qur'an. Terbuat dari kuningan murni, pembatas sepanjang 87 meter ini mengelilingi Ruang Suci dari tiga arah.

 

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id