Mewujudkan Impian Baitullah Keluarga Anda

Memahami Pentingnya Tata Cara Ibadah Umrah Lewat Manasik Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 21 September 2022, 13:14:42

Berkesempatan untuk mengunjungi Baitullah untuk beribadah umrah pasti menjadi hal yang sangat di impikan oleh setiap muslim dari seluruh dunia. Membutuhkan persiapan yang extra supaya perjalanan ibadah umrah bisa berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan menjalani manasik umrah.

Manasik umrah bukanlah termasuk dalam rukun atau wajib umrah, akan tetapi kegiatan ini cukup penting untuk dilakukan agar Anda sebagai calon jamaah umrah dapat melaksanakan ibadah umrah nantinya dengan tata cara yang benar.

Lalu, apa sih sebetulnya manasik umrah itu? Berikut beberapa hal yang harus Anda pahami tentang manasik ibadah umrah.

52.jpg

Photo by ibrahim uz on Unsplash

Apa itu Manasik Umrah?

Manasik umrah adalah peragaan pelaksanaan ibadah umrah yang benar yang dimulai dari rukun hingga tata caranya secara keseluruhan. Manasik ini biasanya dilaksanakan oleh pihak travel umroh tempat Anda mendaftarkan diri untuk jadi jamaah umrah.

Pastinya, akan ada yang membimbing khusus dalam melaksanakan manasik umrah ini. Anda akan diberikan arahan mulai dari bagaimana aktivitas rukun umrah, tata cara ibadah umrah yang benar, juga praktek langsung bagaimana ibadah umrah yang sesuai syariat. tidak hanya sekedar teori akan tetapi juga prakteknya, jadi Anda jauh lebih mudah untuk memahami bagaimana pelaksanaan ibadah umrah tersebut.

Supaya bisa lebih merasakan suasana ketika di Baitullah, sewaktu manasik umrah juga menggunakan properti yang serupa seperti miniatur Ka’bah. Lalu peserta manasik umrah juga akan mengenakan pakaian ihram layaknya sedang melaksanakan ibadah umrah yang asli.

Selain menjelaskan tentang rukun dan tata cara umrah, pembimbing juga akan memberi arahan seperti sosialisasi mengenai peraturan-peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah Arab Saudi, agar para jama'ah tidak melanggar hal-hal yang tidak diperkenankan.

Nah, untuk tata cara-nya sendiri kurang lebih mencakup pelaksanaan rukun dan wajib umrah. Berikut penjelasannya:

 

Tata Cara Manasik Umrah

Ada beberapa urutan pelaksanaan manasik umrah. Manasik ini bisa juga disebut sebagai latihan, karena Anda akan memperagakan langsung apa yang akan Anda jalankan ketika umrah. Jadi, tata cara pelaksanaannya kurang lebih sesuai dengan rukun dan wajib umrah.

 

Niat Ihram di Tempat Miqat dengan Mengenakan Pakaian Ihram

Hal pertama yang dikerjakan ketika manasik yaitu menjalankan rukun umrah pertama yaitu ihram. Sebelumnya, lakukan beberapa sunnah ihram antara lain memotong kuku, mencukur rambut (tidak boleh sampai gundul untuk laki-laki), memotong kumis, jenggot serta bulu lainnya di tubuh. Lalu mandi, menyela-nyela jari tangan dan kaki, di akhiri dengan berwudhu.

Dilanjutkan dengan memakai pakaian ihram. Pakaian ihram untuk pria dibuat secara khusus, yaitu pakaian dengan warna putih terdiri dari dua bagian yakni kain bagian atas yang disebut Rida serta kain bagian bawah yang disebut Izzar. Pakaian ihram untuk perempuan, pakaian ihram sama dengan baju muslimah waktu shalat. Harus menutup aurat, kecuali wajah dan telapak tangan, menutup bagian dada serta menggunakan kaos kaki agar bagian bawah tertutup.

Sesi selanjutnya yaitu shalat sunnah ihram, yang dapat dikerjakan saat menunaikan shalat wajib maupun shalat sunnah lainnya. Jadi, bukan dikhususkan shalat sunnah untuk ihram. Dan terakhir melaksanakan niat di tempat miqat yaitu Bir Ali.

Selama berihram di Baitullah, usahakan untuk memperbanyak dzikir dan mengucap talbiyah yang berbunyi, “Labaikkallahumma labbaik”. Bisa juga melafalkan dengan bacaan talbiyah versi yang lebih lengkap/utuh. Banyak-banyak ber-dzikir serta menghindari segala larangan ketika berihram.

 

Thawaf Mengelilingi Ka’bah

Selanjutnya adalah latihan memperagakan salah satu aktivitas rukun umrah yakni thawaf. Thawaf yaitu berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Diawali dari Hajar Aswad dan diakhiri di Hajar Aswad pula, disunnahkan untuk banyak membaca takbir saat thawaf.

Setelah selesai thawaf, disunnahkan juga agar dapat melaksanakan shalat sunnah di belakang Makam Ibrahim. Anda dapat memperbanyak doa di tempat ini, karena Maqam Ibrahim adalah salah satu tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa.

 

Melaksanakan Sa’i

Sebelum menjalankan rukun sa’i, disunnahkan agar minum air zam-zam sembari berdoa. Proses manasik umrah yang selanjutnya yaitu mempraktekkan rukun umrah yang ketiga yaitu sa’i. Sa'i dikerjakan dengan cara jalan cepat di antara bukit Shafa dan Marwah.

Anda membutuhkan kekuatan fisik yang prima agar dapat melaksanakan rukun ini, sehingga dengan melakukan manasik umrah Anda dapat mencoba supaya nantinya lebih siap dalam pelaksanaan umrah yang sebenarnya.

 

Tahallul, Memotong Sebagian Rambut atau Keseluruhan

Nah, hal terakhir yang dipraktekkan ketika manasik haji adalah mempraktekkan tahallul yaitu memangkas sebagian rambut atau seluruhnya (bagi laki-laki). Tahallul ini dapat dilakukan oleh siapa saja, asal sudah menjalankan rukun umrah juga. Yang penting tak berlawanan jenis. Khusus jamaah perempuan, lebih utama tahallul dilakukan oleh mahramnya, atau sesama jamaah perempuan yang sudah melakukan rukun umrah juga.

Itulah beberapa tahapan manasik umrah, terutama bab rukun umrah yang cukup penting untuk dilakukan secara tepat, karena sifatnya wajib.

53.jpg

Image by Konevi from Pixabay

Hikmah Manasik Umrah

Bagi Anda yang menjalankan manasik umrah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dibandingkan dengan yang tidak melaksanakannya. Hikmah manasik umrah antara lain:

- Mengetahui tata cara ibadah umrah yang benar, supaya tidak terjadi kekeliruan ketika melaksanakan rukun ataupun wajib umrah.

- Mengetahui gambaran situasi serta kondisi ketika berada di Baitullah, dan tahu apa yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah umrah

- Lebih mengenal pembimbing jamaah dan rekan satu kloter yang berangkat bersama dari tanahair.

- Memahami prosedur ketika di bandara serta itinerary.

- Memantapkan hati dan siap untuk menjalankan ibadah umrah.

Itulah urgensinya memahami tentang manasik ibadah umrah. Anda wajib menyiapkan diri, baik secara mental dan fisik sebelum berangkat melaksanakan ibadah umrah ke Baitullah. Jangan lewatkan manasik umrah ini sebab sangat penting untuk diikuti. Selamat mengikuti manasik ibadah umrah!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id